Sabtu, 12 Mei 2012

memo


MEMO  adalah Alat komunikasi bertulis di dalam jabatan sendiri untuk berhubung secara rasmi.2. Menurut isinya, surat dapat dikelompokkan sebagai berikut :a. Surat pemberitahuanb. Surat keputusan.c. Surat perintah.d. Surat permintaane. Surat panggilanf. Surat peringatang. Suirat perjanjianh. Surat laporani. Surat pengantar j. Surat penawarank. Surat pemesananl. Surat undangan danm. Surat lamaran pekerjaan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun suatu pengumuman :
«   
Bentuk atau model pengumuman harus menarik. Hal itu bertujuan agar orang tertarik untuk melihat dan membaca pengumuman tersebut.
«   
Bahasa yang digunakan jelas dan persuasif (membujuk). Jadi, apa yang ingin disampaikan dalam pengumuman tidak membingungkan pembaca. Hendaknya bahasa yang digunakan dapat mengajak orangorang untuk membacanya.
«   
Isi dan maksud pengumuman mudah dipahami. Artinya, pengumuman itu tidak bertele-tele atau panjang lebar agar jelas maksud dan tujuannya. Jadi, langsung pada pokok-pokok apa yang akan disampaikan.
Khalayak yang dituju dinyatakan secara eksplisit (terang-terangan). Jenis media yang digunakan sesuai dengan khalayak yang dituju serta maksud pengumuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar