Senin, 16 April 2012

NIKON


Para penggemar fotografi tentunya tak asing dengan kamera Nikon, salah satu merek kamera bergengsi yang ada. Sejarah Nikon dimulai pada 1917 saat Nippon Kogaku K.K. atau Japan Optical Co. didirikan sebagai hasil merger dari tiga firma optik kecil. Mereka menghasilkan produk-produk optik seperti mikroskop, teleskop, dan alat-alat pengukuran optis bagi industri dan ilmu pengetahuan.

Baru pada 1932, Nikkon pertama kali memproduksi lensa fotografi yang bervariasi mulai dari jarak 50mm sampai 700mm. Melengkapi desain untuk lensa 50mm f4.5, 3.5, dan 2.0. Nikkor muncul sebagai perlengkapan asli bagi Hansa Canon yang keluar di tahun yang sama. Nippon Kogaku sebenarnya memproduksi semua lensa bagi Canon sampai pertengahan 1947.

Kamera Nikon I diluncurkan pada 1948. Pengembangan produknya sendiri dimulai sejak 1945. Banyak nama yang diusulkan seperti BENTAX, PANNET, NICCA, NIKKA, NIKORET, NIKO and NIKKORETTE. Ketika akhirnya NIKKORETTE yang diputuskan sebagai nama final, nama tersebut berubah kembali menjadi Nikon persis sebelum desain final dihasilkan.

Untuk menghasilkan yang terbaik, ahli teknisi Nikon mencari ke seluruh dunia untuk ide dan solusi yang terbaru. Leica saat itu adalah pemimpin di kamera range finder 35mm dan banyak produsen kamera mencoba untuk menirunya. Nikon memberanikan diri untuk mencoba memperbaikinya. Setelah berbagai percobaan, Nikon SP akhirnya dirilis di bulan September. Diikuti leh S3 di Maret 1958 dan S4 di Maret 1959.

Pada bulan Mei 1959, kamera Nikon SLR yang pertama, Nikon F, diperkenalkan dan dengan cepat menjadi standar tak tertulis bagi para jurnalis serta fotografer profesional lainnya. Dalam memperkenalkan seri F, dengan viewfinder yang dapat diganti-ganti, layer focus, dan lensa-lensanya, Nikon melewati Leica sebagai pemimpin baru di dunia kamera.

Pada 1971,  Nikon F2 secara mudah menjadi kamera impian. Ia memiliki semua yang dibutuhkan oleh fotografer profesional pada sebuah kamera SLR
yang mampu dibeli. Juga memiliki bentuk yang cantik dan fi tur yang menawan.

Nikon terus melakukan inovasi, pada 1983 kamera kompak dengan autofocus pertama Nikon, L35AF, dipasarkan. Pada 1992 Nikonos RS, kamera bawah laut SLR yang pertama di dunia, dipasarkan. Tahun 1997 kamera digital Nikon COOLPIX 100 dipasarkan. Kini, berbagai jenis kamera telah diproduksi Nikon dan mendapatkan tempat di hati para penggemar fotografi. (*/ dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar